Adopsi Ajaran Perbankkan Islam, Wapres Makruf Amin: Jangan Biarkan UMKM Muslim 'Alami Stunting'

- 26 Februari 2021, 14:14 WIB
Wapres Ma’ruf Amin sedang melakukan peninjauan vaksinasi terhadap para atlet di Istora Senayan, Jakarta, 26 Februari 2021.
Wapres Ma’ruf Amin sedang melakukan peninjauan vaksinasi terhadap para atlet di Istora Senayan, Jakarta, 26 Februari 2021. / /Tangkapan layar Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia

JAKARTA, KALBAR TERKINI – Ada banyak sistem keuangan Islam yang dijalankan Bank Syariah Indonesia (BSI) mulai dari Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Bank Wakaf Mikro (BWM), koperasi syariah, dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) jenis lain.

Selain sebagai lembaga keuangan, BSI juga diharapkan mampu mendorong usaha kecil menjadi kelompok kelas menengah.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Wapres Ma'ruf Amin dalam pidato Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BSI Tahun 2021 secara virtual dari Jakarta, Kamis 25 Februari 2021.

Baca Juga: Ekonom Sebut Elit Anggap Masyarakat Adat Tebelakang, Faisal: UU Adat Sudah 10 Tahun

BSI juga menurutnya, harus menyasar lebih banyak kelompok muslim milenial untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis syariah.

"Berkembangnya kelas menengah dan generasi milenial muslim juga meningkatkan kebutuhan akan produk layanan syariah, termasuk jasa keuangan syariah. Peluang ini harus ditangkap dan dimanfaatkan dengan baik oleh BSI," katanya dikutip dari Antara, Jumat 26 Februari 2021.

Dengan menyediakan program layanan keuangan syariah kepada kelompok muslim milenial, Wapres Ma'ruf Amin berharap BSI dapat turut mendorong bertambahnya jumlah pengusaha yang bergerak di industri syariah.

Baca Juga: Transformasi Digital Sasar Jutaan UMKM, Presiden Ingin Ekonomi Kerakyatan Segera Bangkit

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, lanjut Wapres, Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi konsumen dan produsen produk-produk halal.

"Meningkatnya halal awareness belakangan ini juga menumbuhkan industri halal lainnya, di antaranya halal foodhalal fashionhalal healthcarehalal travel dan sebagainya.

Semua itu peluang yang harus ditangkap oleh BSI," jelas Wapres Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Sahamnya Terus Naik Tiga Pekan Terakhir, Dirut Bank Neo Comerence: Ini Bentuk Kepercayaan Masyarakat

Sebagai alternatif peranti ekonomi dan keuangan, sistem syariah harus menjadi pilihan yang rasional bagi masyarakat. Wapres meminta BSI dapat menjadi layanan perbankan syariah yang inklusif dan universal sesuai ajaran Islam.

"BSI harus dapat menjadikan nasabah mikro dan kecil naik kelas. Kita tidak cukup berpuas diri dengan melayani segmen mikro dan kecil, tetapi kita harus dapat membuatnya naik kelas menjadi usaha yang lebih produktif agar usaha mikro tidak mengalami stunting," ujar Wapres Ma'ruf Amin. ***

Editor: Slamet Bowo Santoso

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x