Zar, Ritual Mengusir Setan Kuno Mesir yang Eksis

- 23 Juni 2022, 22:05 WIB
Ilustrasi ritual
Ilustrasi ritual /pixabay/

KALBAR TERKINI - Sejumlah ritual kuno Mesir termasuk Zar, masih bertahan di negara tersebut, walaupun dianggap sebagai pagan dalam Islam.

Kerap digelar di Pusat Budaya Mesir di Kairo, ibukota negara, ritual-ritual tersebut dimaksudkan untuk menyenangkan tamu asing dan lokal.

Upacara Zar, misalnya, adalah kultus penyembuhan untuk mengusir kerasukan roh, kadang-kadang disebut jin atau setan, yang menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Abelisauridae, Dinosaurus 'Preman' Ditemukan di Mesir: Pesek dan Muka Datar Mirip Bulldog

Selain sebagai tradisi kuno, yang dianggap sebagai praktik pagan oleh Islam, itu adalah bagian penting dari budaya Mesir, yang disertai dengan genderang dan tarian wanita.

"Kami bukan dukun atau penyihir," kata Umm Sameh, berusia 70-an, dengan mata berkerut, lingkaran besar bergoyang di telinganya, dan gelang emas berdenting di lengannya.

"Nyanyian itu spiritual dan mengeluarkan energi negatif," kata penyanyi utama ansambel Mazaher, menambahkan bahwa mereka juga melakukan doa dari praktik sufi mistik Islam.

Secara tradisional, dilansir Kalbar-Terkini.com dari koran Turki, Saily Sabah, Selasa, 10 Mei 2022, Zar berlangsung beberapa hari, termasuk melibatkan pengorbanan hewan.

Baca Juga: Mesir: Lebih dari Separuh Anggaran 2022-2023 Dihabiskan Untuk Utang, Indonesia?

Halaman:

Editor: Arthurio Oktavianus Arthadiputra

Sumber: Sabah News


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x