Kalbar Dapat Predikat Terbaik Tangani Karhutla, Presiden Ancam Copot Penegak Hukum

- 23 Februari 2021, 09:20 WIB
Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Wagub Kalbar, Ria Norsan, dan Kapolda Kalbar, Irjen Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto , usai mengikuti Rakornas Pengendalian Karhutla Tahun 2021, di Istana Negara Jakarta, Senin, 22 Februari 2021. /Kalbar Terkini/Mulyanto Elsa

 

PONTIANAK, KALBAR TERKINI – Tiga perjabat Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, mengikuti Pengarahan Presiden Republik Indonesia.

Ketiganya adalah Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto.

Mereka menjadi Peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021, di Istana Negara Jakarta, Senin, 22 Februari 2021.

Baca Juga: Waspada Karhutla, Ketua Komisi V DPR RI Imbau Masyarakat Buka Lahan Tanpa Membakar

Baca Juga: Kerahkan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, Dandim 1203/Ktp Pimpin Padamkan Karhutla

Setelah mengikuti Rakornas tersebut, Ria Norsan mengatakan, bahwa kegiatan pengarahan yang disampaikan Presiden setiap tahunnya, sejak 2015 sampai tahun ini, terkait masalah Karhutla yang masih dianggap rawan adalah di Provinsi Riau, Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Jambi.

"Ini diingatkan oleh Pak Presiden bahwa kita berupaya bagaimana bisa mencegah, jangan sampai kita menindaklanjuti artinya memadamkan,” ujar Norsan.

“Jadi, api yang belum hidup atau belum terbakar, kita cegah dengan cara memberikan peringatan dan lain sebagainya kepada masyarakat, terutama masyarakat pedesaan, kecamatan, dan kabupaten," lanjutnya.

Norsan juga menyampaikan, semua unsur bisa terlibat, perlu bekerja sama antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah supaya terkoordinasi dengan baik.

Halaman:

Editor: Mulyanto Elsa


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X