Jadi Bulan-bulanan Serangan di Irak, AS Kaitkan Eskalasinya dengan Iran

- 23 Februari 2021, 04:47 WIB
JUMPA PERS - Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Ned Price, langsung menggelar jumpa pers di Washington, Ibu Kota AS, tak lama paska serangan roket di Kedubes AS di Baghdad, Irak, Selasa, 23 Februari 2021 dini hari/REUTERS/ /KALBAR TERKINI/OKTAVIANUS CORNELIS

WASHINGTON - Bisa jadi, Iran  berada di balik serangan dua roket di Zona Hijau dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Baghdad, Selasa, 23 Februari 2021 dini hari. Sebab, sebagaimana dilansir Reuters, serangan semacam itu biasanya ditembakkan kelompok-kelompok yang menurut pejabat AS dan Irak, didukung Iran.

Terkait serangan roket tersebut, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menyatakan bahwa pihaknya marah. Termasuk serangkaian serangan terhadap pasukan koalisi dan mitranya di Irak.   

Kendati marah, dilansir Kalbarterkini.com dari Reuters, AS menyatakan tidak akan balik 'menyerang'. AS akan menanggapi semua serangan tersebut pada waktu dan tempat yang tepat.

Baca Juga: Roket Hantam Kedubes AS di Baghdad Dini Hari Ini

"Kami telah melihat laporan tembakan roket hari ini ... seperti yang Anda dengar, kami, katakan setelah serangan tragis di Erbil, kami marah dengan serangan baru-baru ini," kecam Price dalam jumpa pers yang Zona Hdigelar di Washington, AS, tak lama paska serangan.

Menurut Price, serangan roket di Kedubes AS di Baghdad, telah menargetkan Zona Hijau, suatu kawasan Pemerintahan  Irak, lokasi Kedubes AS yang juga menampung pasukan, diplomat, dan kontraktor.

Baca Juga: Demi Hubungan Baik AS-China, Menlu Tiongkok: Berhenti Cemarkan Komunis dan Berkomplot!

Price menekankan, AS masih menentukan siapa yang berada di balik serangan tersebut. Termasuk serangan pekan lalu di kompleks Bandara Internasional Erbil yang menewaskan seorang kontraktor yang bekerja dengan pasukan AS di pangkalan militer kompleks tersebut.

 “Terkait tanggapan kami, kami akan merespons dengan cara yang dihitung sesuai jadwal kami sendiri, dan kami akan menggunakan semua yang ada pada kami pada waktu, dan tempat yang kami pilih,” tegasnya. 

Halaman:

Editor: Oktavianus Cornelis


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X