Waspada Karhutla, Ketua Komisi V DPR RI Imbau Masyarakat Buka Lahan Tanpa Membakar

- 22 Februari 2021, 21:37 WIB
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus /Kalbar Terkini/Mulyanto Elsa

KUBU RAYA, KALBAR TERKINI - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), kembali terjadi di wilayah Kalimantan Barat. Bencana tahunan ini memantik perhatian dan reaksi dari berbagai pihak.

Ketua Komisi V DPR RI asal Kalbar, Lasarus ikut bereaksi menanggapi peristiwa yang mengakibatkan bencana kabut asap tersebut.

Ia mengaku menyayangkan perilaku tak bertanggung jawab dari sejumlah oknum yang membuka lahan dengan cara-cara terlarang.

Baca Juga: Konflik Sesama Tentara, Mendagri Libya Nyaris Mati Diberondong Tembakan

Baca Juga: Kunjungi SMAN 3 Pontianak, Sutarmidji Pastikan Penerapam Prokes pada Sekolah Tatap Muka

"Sangat disayangkan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, masih saja ada oknum yang begitu tega melakukan pembakaran hutan dan lahan sehingga memunculkan bencana baru, yaitu kabut asap," kata Lasarus, saat berkunjung ke sekretariat DPD PDI Perjuangan, Senin, 22 Februari 2021.

Menurut Lasarus, kebiasaan membuka lahan dengan cara membakar sudah semestinya ditinggalkan karena dampaknya yang membahayakan keselamatan.

Kebiasaan itu hendaknya diganti dengan cara alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti penggunaan cuka kayu, rekayasa bioteknologi, dan asap cair.

Baca Juga: Pemkab Melawi Kerja Ekstra Tekan Laju Penyebaran, Tim Satgas Covid-19 Seegra Divaksin

Halaman:

Editor: Mulyanto Elsa


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X