Negara Sri Lanka Bangkrut, PM Baru Sebulan Menjabat Tega Dimaki Oposisi!

- 23 Juni 2022, 11:39 WIB
Ilustrasi: Imbas dari aksi protes yang makin tidak terbendung, otoritas pertahanan Sri Lanka mengerahkan kendaraan lapis baja yang dituduh satu langkah menuju kudeta.
Ilustrasi: Imbas dari aksi protes yang makin tidak terbendung, otoritas pertahanan Sri Lanka mengerahkan kendaraan lapis baja yang dituduh satu langkah menuju kudeta. /REUTERS/Dinuka Liyanawatte.


COLOMBO, KALBAR TERKINI - Negara Sri Lanka terancam bubar akibat ekonominya yang runtuh, sarat utang, dan berbulan-bulan kekurangan makanan, bahan bakar, dan listrik.

Dalam kondisi mengerikan itu, suhu politik di negara Asia Selatan ini juga tak mereda, bahkan semakin memanas.

Dua partai opisisi terbesar di Parlemen Sri Lanka tega-teganya menuding bahwa Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe tak becus.

Padahal, Wickremesinghe baru sebulan memegang jabatan tersebut, sebagaimana dilansir Kalbar-Terkini.com dari The Associated Press, yang melaporkan dari Colombo, Ibukota Sri Lanka, Rabu, 22 Juni 2022.

Baca Juga: Obat COVID -19 Ditemukan Oleh 'Penyihir' Di Sri Lanka, Resep Dari Dewi Hindu Kali, Pemerintah Mendukung Penuh

Adapun kondisi terkini Sri Lanka ini dinyatakan oleh Wickremesinghe dalam sidang parlemen pada Rabu ini, yang langsung mendulang kritik pihak oposisi.

Tak peduli akan kritikan, Wickremesinghe menggarisbawahi bahwa situasi mengerikan negara itu harus segera diansiptasi dengan mencari bantuan dari pemberi pinjaman internasional.

Pernyataan Wickremesinghe bahwa ekonomi telah runtuh, tidak menyebutkan perkembangan baru yang spesifik.

Baca Juga: Miss World Caroline Jurie Akhirnya Diseret ke Pengadilan, Pushpika De Silva Sandang Miss Sri Lanka

Tampaknya, ini dimaksudkan untuk menekankan kepada para kritikus dan anggota parlemen oposisi bahwa dirinyatelah mewarisi tugas sulit yang tidak dapat diperbaiki dengan cepat.

Halaman:

Editor: Slamet Bowo SBS

Sumber: The Associated Press


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x