Simak Langkah Penguatan Industri Keuangan Non Bank Menghadapi Krisis Global Versi OJK,Simak Ulasan Berikut

- 24 Agustus 2022, 19:24 WIB
Media Briefing Kantor OJK Cirebon terkait pengaduan masyarakat
Media Briefing Kantor OJK Cirebon terkait pengaduan masyarakat /

KALBAR TERKINI – Apa saja langkah penguatan industri keuangan non Bank menghadapi krisis global versi OJK.

Dimana belum lama ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa, dalam mewujudkan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yang profesional dan amanah.

Tentunya supaya dapat mampu bertumbuh dan berkembang secara berkelanjutan tentu menjadi hal yang sangat penting saat ini mengingat banyaknya risiko dan dan kondisi ketidakpastian yang muncul saat ini.

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK, Ogi Prastomiyono, menyampaikan bahwa mekanisme pengawasan yang optimal membutuhkan kolaborasi dari seluruh stakeholder, yaitu dari internal pelaku IKNB, lembaga profesi penunjang dan asosiasi industri, serta tentunya OJK selaku regulator sektor jasa keuangan,mengutip kontan.co.id.

Baca Juga: Agar Pinjaman Bank Cepat Cair Simak Tips dan Trik Berikut ini Pasti Sukses

Sinergi dan kolaborasi antara OJK dengan para pelaku industri, serta organisasi profesi dan asosiasi industri, diharapkan dapat membentuk 3 lines of defense yang mampu bekerja sama secara optimal untuk menjaga sektor IKNB nasional agar dapat tumbuh secara berkualitas, dan memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Layer pertama yang dimaksud adalah penguatan internal perusahaan khususnya dalam penerapan tata kelola dan manajemen risiko yang efektif.

Penerapan prinsip tata kelola yang baik merupakan salah satu pilar utama sebagai fondasi untuk memastikan keberlangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang.

Kemudian layer kedua adalah dukungan lembaga profesi penunjang dan asosiasi industri.

Halaman:

Editor: Yuni Herlina

Sumber: kontan.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x