Apa Itu Bi Checking, Cara Melihatnya, Membersihkan Bi Checking, Simak Ulasan Berikut

- 27 Maret 2022, 16:43 WIB
Cara mudah membuat kartu kredit Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI, Anda perlu membawa persyaratan kartu identitas, slip gaji, dan NPWP.
Cara mudah membuat kartu kredit Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI, Anda perlu membawa persyaratan kartu identitas, slip gaji, dan NPWP. /Pixabay

KALBAR TERKINI - Tahukah kalian bahwa salah satu faktor yang membuat seseorang bisa mendapatkan persetujuan kredit dari Bank salah satunya yaitu BI Checking.


Mengapa demikian, ketika mengajukan kredit ke bank dalam prosesnya mensyaratkan BI Checking, baik mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Kredit Pemilikan Rumah (KPR),maupun kartu kredit.

BI Checking sendiri merupakan Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit (kolektibilitas).


BI Checking dulunya adalah salah satu layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID),di mana informasi kredit nasabah tersebut saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga keuangan.


Dalam SID, informasi yang dipertukarkan antara lain identitas debitur agunan, pemilik dan pengurus badan usaha yang jadi debitur, jumlah pembiayaan yang diterima, dan riwayat pembayaran cicilan kredit, hingga kredit macet.


mengutip laman resmi BI, BI Checking atau IDI Historis menyimpan identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana atau pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas.


Semua informasi dari BI Checking dapat diakses lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank, dalam 24 jam setiap harinya asalkan terdaftar sebagai anggota Biro Informasi Kredit.

 

CARA MELIHAT BI CHECKING

Halaman:

Editor: Slamet Bowo SBS

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x