KABAR BAIK BAGI PETANI SAWIT, Harga Mahal hingga Juni 2022 , Indonesia kini Menjadi Penentu Harga Sawit Dunia

- 20 Februari 2022, 16:34 WIB
Ilustrasi kebun sawit milik rakyat yang memprihatinkan, sedangkan kebun milik swasta menikmati kenaikan harga CPO
Ilustrasi kebun sawit milik rakyat yang memprihatinkan, sedangkan kebun milik swasta menikmati kenaikan harga CPO /Istimewa/

KALBAR TERKINI - KABAR BAIK BAGI PETANI SAWIT, Harga Mahal hingga Juni 2022 , Indonesia kini Menjadi Penentu Harga Sawit Dunia.

Ada kabar menggembirakan untuk petani sawit di tanah air, karena harga komoditi tersebut diperkirakan akan tetap tinggi hingga setidaknya Juni 2022. 

Salah satu pemicunya, yakni pemberlakukan aturan MPO DPO pemerintah Indonesia yang mampu membuat pasokan minyak sawit dunia terus bertahap di level tertinggi.

Baca Juga: Update Harga TBS Sawit Jambi dan Sumut,Untuk Periode 18-24 Februari 2022,Simak Harganya

Dengan kata lain, saat ini Indonesia menjadi pengendali harga minyak sawit dunia mengingat produksi kelapa sawit di tanah air cukup besar.

Merujuk prediksi Hong Leong Investment Bank Bhd (HLIB), harga minyak sawit mentah (CPO) kemungkinan akan tetap pada level yang tinggi hingga semester pertama (1H) tahun ini.

ALasannya didukung oleh prospek produksi jagung dan kedelai yang lebih lemah di Amerika Selatan dan langkah pemerintah Indonesia baru-baru ini untuk memperluas persyaratan izin ekspor untuk semua produk minyak sawit.

Baca Juga: GAWAT : Turun Rp 40,72/kg Harga TBS Sawit Riau Periode 16-22 Februari 2022, Simak Apa Penyebabnya

Analis HLIB Chye Wen Fei mengatakan perluasan izin ekspor Indonesia untuk produk minyak sawit termasuk turunannya (berlaku mulai 15 Februari 2022), dapat mengganggu rantai pasokan minyak sawit.

Halaman:

Editor: Slamet Bowo Santoso

Sumber: InfoSawit.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x