5 Tips Menghemat Listrik Agar Tagihan Bulanan Tak Membengkak, Nomor 5 Lakukan Bersama Keluarga

- 7 Juli 2021, 16:05 WIB
5 Tips Menghemat Listrik Agar Tagihan Bulanan Tak Membengkak
5 Tips Menghemat Listrik Agar Tagihan Bulanan Tak Membengkak /Pexels/Mohamed Khaled/

KALBAR TERKINI – Saat ini penggunaan listrik memang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Mulai dari bekerja, bermain, memasak, belajar hingga tidur kita masih menggunakan fasilitas listrik.

Namun bagaimana jika pengeluaran bulanan jadi membengkak, karena tagihan listrik yang mahal? Berikut ada beberapa tips menghemat listrik yang dirangkum kalbarterkini.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Selamat Datang Kendaraan Listrik, Indonesia Berpotensi jadi Pemain Utama Industri Baterai Mobil

  1. Ganti lampu biasa dengan lampu LED

Cara menghemat listrik yang dapat dilakukan pada tahap awal adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan lampu bohlam biasa, namun ternyata lampu LED 7 watt merk tertentu setara dengan bohlam 60 watt.

Bahkan saat ini sudah tersedia lampu LED yang dilengkapi dengan teknologi pengoperasian nirkabel yang dapat Anda aktifkan sesuai dengan pengaturan yang diinginkan.

Jadi, walaupun Anda harus merogoh kocek lebih, namun Anda bisa mendapatkan pencahayaan terang dengan konsumsi listrik yang lebih hemat dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.

Baca Juga: EV Jaguar I-PACE Mengaspal, India Siapkan 22 Gerai Pengisian Daya Listrik

  1. Cabut kabel dari stop kontak saat tidak digunakan

Ini adalah kebiasaan banyak orang, secara tidak sadar menggunakan listrik secara terus menerus. Mereka membiarkan kabel dari alat atau perangkat elektronik tetap terhubung pada stop kontak ketika sedang tidak digunakan.

Walaupun sedang tidak digunakan, ternyata kabel yang terhubung pada stop kontak seperti kabel charger tetap mengalirkan arus listrik. Sehingga hal tersebut membuat daya listrik tetap terpakai secara percuma.

Halaman:

Editor: Ponti Ana Banjaria

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah