Buka Isolasi Wilayah, PLN Bangun Infrastruktur di 242 Lokasi 3T di Kalbar

- 1 Maret 2021, 09:21 WIB
Pemasangan Jaringan listrik di salah satu lokasi 3T di Kalbar. Total telah dibangun infrastruktur di 242 lokasi di wilayah 3T.
Pemasangan Jaringan listrik di salah satu lokasi 3T di Kalbar. Total telah dibangun infrastruktur di 242 lokasi di wilayah 3T. /Kalbar Terkini/Mulyanto Elsa

PONTIANAK, KALBAR TERKINI - PLN terus berkomitmen menghadirkan listrik hingga ke pelosok negeri.

Di Kalimantan Barat, Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, melalui program listrik desa, PLN berhasil melistriki 242 lokasi daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) dengan total biaya sebesar Rp574 miliar.

Daerah tersebut terdiri dari 147 desa baru yang sebelumnya belum menerima aliran listrik dan melakukan perluasan jaringan listrik ke lokasi-lokasi terpencil di 95 desa yang sebelumnya sudah berlistrik.

Baca Juga: Ekspos Kinerja PLN, 242 Daerah Terpencil di Kalbar Dialiri Listrik Periode 2017-2020

Baca Juga: Harga Stabil, TBS Kelapa Sawit di Kalbar Capai Rp2.000 Per Kilogram

Jauhnya jarak, terbatasnya akses, dan sulitnya medan membuat PLN harus mengeluarkan investasi rata-rata Rp33 juta untuk melistriki satu kepala keluarga.

“Pembangunan ini merupakan komitmen kami untuk mewujudkan keadilan energi yaitu dengan menghadirkan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri,” tutur General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar, Ari Dartomo.

Untuk menghadirkan listrik ke 242 lokasi tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 880 kilometer Sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 526,2 kms, dan gardu distribusi dengan total kapasitas lebih dari 21 ribu kiloVolt Ampere (kVA).

Baca Juga: Resmi Meluncur di Kalimantan Barat, Ini Spesifikiasi All New Honda PCX160

Halaman:

Editor: Ponti Ana Banjaria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x