Shopee Didaulat Rajai Pasar E-Commerce, Live Shopping Jadi Unggulan

- 26 Juni 2023, 23:53 WIB
 Shopee masih unggul di antara platform e-commerce lain.
Shopee masih unggul di antara platform e-commerce lain. /shopee.co.id

KALBAR TERKINI - Aplikasi belanja Shopee masih mempertahankan dominasi di pasar e-commerce Indonesia, berdasarkan data SimilarWeb menunjukkan pengunjung Shoope lebih banyak dibandingkan pemain e-commerce lainnya.

Berdasarkan data SimilarWeb tersebut memperlihatkan pada Mei 2023, Shopee dikunjungi oleh 161 juta pengunjung, sementara Tokopedia dikunjungi 106 juta orang, dan Lazada dengan 70 juta pengunjung.

Data.ai juga mencatat sepanjang 2022, shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor satu di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store, dan menjadi platform belanja online nomor satu dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

Baca Juga: Jokowi Bantah Istana Terlibat, Moeldoko Ngamuk Dituduh Beking Al-Zaytun: Itu yang Ngomong Suruh Sekolah Dulu.

Setidaknya, ada sejumlah penyebab yang menempatkan Shopee sebagai pemain utama di pasar e-commerce, satu di antaranya manfaat yang didapat penjual atau seller, misalnya pada momentum Ramadan di mana aktivitas belanja online cenderung sangat tinggi.

Mengacu pada paparan hasil survei Ipsos bertajuk 'Understanding the Potentiality in E-Commerce Seller', manfaat yang paling dirasakan oleh seller dari bergabung di sebuah marketplace adalah adanya kampanye tematik (66 persen).

Ragam pilihan layanan pengiriman (57 persen), fitur-fitur interaktif (52 persen), muncul lebih banyak potensi pelanggan (43 persen), dan banyak promo menarik (95 persen) yang diberikan oleh marketplace pada bulan Ramadan.

Live Shopping Shopee jadi program unggulan yang menjadikannya terbanyak dikunjungi dan diunduh di Play Store
Live Shopping Shopee jadi program unggulan yang menjadikannya terbanyak dikunjungi dan diunduh di Play Store

Live Shopping Jadi Unggulan

Program live shopping shopee yang menghadirkan interaksi langsung antara penjual dan pembeli menjadi unggulan karena memberikan pengalaman belanja yang berbeda.

Survei Populix bertajuk "Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia" yang menilik perilaku dan sikap pengguna berbelanja menggunakan fitur live streaming menyimpulkan, 69 persen responden memilih berbelanja di Shopee Live.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live mendapatkan 30% persen suara.

Riset Populix mengungkapkan, serupa dengan berbelanja online biasa, kombinasi penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial, dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas menjadi faktor-faktor pendukung berbelanja melalui live streaming.***




Editor: Yulia Ramadhiyanti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x