Manfaatkan Momentum Kebangkitan Pascapandemi, BRI Tingkatkan Pertumbuhan Segmen Wholesale

- 6 Juli 2023, 20:42 WIB
Manfaatkan Momentum Kebangkitan Pascapandemi, Bank Rakyat Indonesia atau BRI Tingkatkan Pertumbuhan Segmen Wholesale.
Manfaatkan Momentum Kebangkitan Pascapandemi, Bank Rakyat Indonesia atau BRI Tingkatkan Pertumbuhan Segmen Wholesale. /Dok. BRI

JAKARTA – Perekonomian Indonesia dinilai lebih tangguh menghadapi tantangan global, di antaranya adalah dari ancaman resesi.

Hal tersebut ditunjukkan dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I/2023 justru tumbuh sebesar 5,03%. Capaian itu sedikit lebih besar dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 5,01%.

Pertumbuhan yang konsisten terus ditargetkan pemerintah pada tahun ini hingga di kisaran 4,5%-5,3%. Demi mewujudkan hal tersebut, industri perbankan juga harus mampu menjaga momentum ini salah satunya melalui pertumbuhan di segmen wholesale atau korporasi.

Strategi tersebut juga diterapkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai institusi yang berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi Tanah Air.

Baca Juga: Didukung BRI, Indonesia Cup Testers Championship Hasilkan Juara Dunia Cup Tester Kopi

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan, perseroan memiliki fokus di segmen UMKM yang menjadi portfolio kredit utama.

Namun demikian, segmen wholesale dengan komposisi sebesar 18,45% dari total portfolio kredit BRI, mempunyai peran tersendiri di dalam mendorong pertumbuhan bisnis BRI.

“Kami tetap memperhitungkan kontribusi segmen wholesale di dalam mendorong pertumbuhan Current Account Saving Account atau CASA (dana murah) dan Fee-based Income melalui penguasaan transaksi bisnisnya dengan solusi layanan perbankan yang terintegrasi seperti Cash Management, Trade and Guarantee, Forex, dan Investment Services. Kami menilai segmen wholesale prospeknya positif seiring dengan perekonomian yang mulai pulih, terutama korporasi-korporasi besar yang sudah mulai bangkit pasca pandemi,” ujar Agus optimis.

Baca Juga: Hadapi Disrupsi, BRI Terapkan 3 Fokus Utama Dalam Transformasi Digital

Halaman:

Editor: Yuni Herlina

Sumber: BRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x