Kementerian ESDM Catat, Harga Batubara Acuan (HBA) Mei 2022 Alami Penurunan,Simak Ulasan Berikut ini

- 15 Mei 2022, 22:02 WIB
Ilustrasi tambang batu bara Rusia yang ditolak Uni Eropa
Ilustrasi tambang batu bara Rusia yang ditolak Uni Eropa /freepik/user15324492


KALBAR TERKINI - Kementerian ESDM Catat, Harga Batubara Acuan (HBA) Mei 2022 Turun,simak penyebabnya berikut ini.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan harga batubara acuan (HBA) alami penurunann yang terjadi di bulan mei ini.

Adapun untuk Harga Batu bara Acuan (HBA) pada Mei sebesar US$ 275,64 per ton, alami penurunan sebesar US$ 12,76 dari bulan April 2022.


Di sebabkan oleh meningkatnya jumlah pasokan batubara dunia,meningkatnya jumlah produksi batubara China dan India berdampak pada harga batubara acuan Mei 2022.

Baca Juga: Ini Dia 5 Tuntutan Petani Kelapa Sawit Yang Akan Demo Di Depan Kantor Menteri Perekonomian,Simak Ulasan Beriku


Dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM Indonesia, Sabtu 14 mei 2022, penurunan HBA terjadi setelah pasokan batu bara dunia meningkat. China dan India telah meningkatkan jumlah produksi batubara dalam negerinya untuk mengurangi impor.


Disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, "Selain faktor meningkatnya pasokan, keputusan China untuk mengurangi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan mengembangkan energi hijau juga turut mendorong penurunan harga batubara dunia,”pungkasnya

Agung menjelaskan selama tahun 2022 di 4 bulan pertama grafik HBA terus menanjak yang dimulai dari bulan Januari 2022 sebesar US$ 158,50 per ton, naik ke US$ 188,38 per ton di Februari.


Di bulan Maret HBA menyentuh angka US$ 203,69 per ton dan kembali naik di bulan April. "Baru pada bulan ini grafiknya sedikit turun," terang Agung.

Halaman:

Editor: Slamet Bowo SBS

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x