Pantauan Nilai Tukar Rupiah,Sampai 22 Juni 2022,Mengalami Depresi Turun Melemah di Angka 4,14%

- 24 Juni 2022, 11:48 WIB
ILUSTRASI// Nilai Tukar rupiah turun setelah pengumuman PPKM diperpanjang
ILUSTRASI// Nilai Tukar rupiah turun setelah pengumuman PPKM diperpanjang /Pixabay/Mohamad Trilaksono

KALBAR TERKINI – Pantauan Nilai Tukar Rupiah,Sampai 22 Juni 2022,Mengalami Depresi Turun Melemah di Angka 4,14%

Pantuan Nilai tukar dari Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai tukar rupiah sampai dengan 22 Juni 2022 mengalami depresiasi sekitar 4,14% year to date (ytd).

Kondisi ini tentu berbeda jika di dibandingkan dengan level akhir 2021 lalu.

Gubernur BI Perry Warjiyo,via video conference kamis kemarin, menyampaikan adapun penyebabnya di sebabkan oleh ketidakpastian pasar keuangan global akibat pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif di berbagai negara untuk merespons peningkatan tekanan inflasi dan kekhawatiran perlambatan ekonomi global.

Perry mengklaim pasokan valas domestik tetap terjaga dan persepsi terhadap prospek perekonomian Indonesia tetap positif.

Perrypun mendorong depresiasi rupiah relatif lebih baik dibandingkan dengan negara sebaya, seperti India yang terdepresiasi 5,17%, Malaysia terdepresiasi 5,44%, serta Thailand yang terdepresiasi 5,84%.

Ke depan, Perry akan terus mencermati perkembangan nilai tukar rupiah dan akan terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah, sesuai dengan bekerjanya mekanisme pasar dan nilai fundamentalnya.

Namun,Perry meyakini mata uang Garuda ini akan terus kuat seiring dengan kondisi neraca pembayaran (NPI) yang surplus sehingga pasokan valas memadai serta kecukupan cadangan devisa sebagai bantalan rupiah.***

 

Editor: Yuni Herlina

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x