Giliran KPAI Minta PTM 100% Ditinjau Ulang untuk Pencegahan Penyebaran Hepatitis Akut Misterius

- 14 Mei 2022, 12:25 WIB
Ilustrasi, Demi pencegahan KPAI minta PTM 100 ditinjau ulang
Ilustrasi, Demi pencegahan KPAI minta PTM 100 ditinjau ulang /Everyday Health

KALBAR TERKINI - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah mengevaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah agar mewaspadai penularan hepatitis akut.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan, penyebaran penyakit misterius ini perlu dimonitor dan sebaiknya PTM tidak 100 persen lagi sebagai pencegahan.

Dia mendasari itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology).

Edaran tersebut diketahui perlu ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan di berbagai daerah dengan mengeluarkan SE kepada Puskesmas dan Rumah Sakit di daerah setempat, supaya meningkakan kewaspadaan terhadap hepatitis akut.

Baca Juga: Kemenkes: Tak Perlu Hentikan PTM di Sekolah untuk Pencegahan Hepatitis Akut (Misterius)

Baca Juga: Pasien Meninggal Hepatitis Akut Misterius Terus Bertambah, Satu di Antaranya di Kalimantan Timur

Pihaknya menyarankan, sekolah dapat bekerja sama dengan Puskesmas terdekat agar membantu pemerintah daerah menyosialisasikan pencegahan penyakit ini.

Sekolah juga bisa mengimbau kepada warga sekolah sendiri dan para orang tua murid agar menjaga kebersihan dan makanan yang dikonsumsi.

Memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat.

Halaman:

Editor: Yuni Herlina

Sumber: KPAI


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x