18 Persen Kasus Hepatitis Akut (Hepatitis Misterius) Dinyatakan Positif Covid-19. WHO Dalami Kemungkinan Virus

- 12 Mei 2022, 12:12 WIB
Adenovirus Diduga Penyebab Hepatitis Misterius pada Anak-anak, Ini Cara Penularannya, Mirip Covid-19
Adenovirus Diduga Penyebab Hepatitis Misterius pada Anak-anak, Ini Cara Penularannya, Mirip Covid-19 /Mirror.uk/

KALBAR TERKINI - Dalam sepekan terakhir WHO mengkonfirmasi bahwa sekitar 70 persen dari kasus hepatitis misterius dinyatakan positif adenovirus, dengan sub-tipe 41 - biasanya terkait dengan gastroenteritis - sub-tipe yang lazim, tambahnya.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sekitar 18 persen kasus secara aktif dinyatakan positif Covid-19.

"Selama seminggu terakhir, ada beberapa kemajuan penting dalam penyelidikan lebih lanjut dan beberapa perbaikan hipotesis kerja," Philippa Easterbrook, dari program hepatitis global WHO.

Dia mengungkapkan Inggris telah mengoordinasikan serangkaian studi komprehensif dengan melihat genetika anak-anak yang terkena dampaknya, respons kekebalan mereka, virus, dan studi epidemiologi lebih lanjut.

Baca Juga: Tak Hanya Anak-anak, Orang Dewasa pun Berpotensi Tertular Hepatitis Akut, Jakarta Siap Stop Sekolah Tatap Muka

"Saat ini, hipotesis utama tetap yang melibatkan adenovirus - dengan pertimbangan penting dari Covid-19 juga, baik sebagai koinfeksi atau infeksi masa lalu," kata Easterbrook.

Menurutnya fokus besar selama minggu depan adalah melihat pengujian serologis untuk paparan dan infeksi sebelumnya dengan Covid-19.

Dia mengatakan bahwa studi mikroskopis sampel hati dan biopsi tidak menunjukkan ciri khas yang mungkin diharapkan dengan peradangan hati karena adenovirus.

Adenovirus biasanya menyebar melalui kontak pribadi yang dekat dan cipratan liur.

Halaman:

Editor: Yuni Herlina

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x