Robo Robo, Keraton Mempawah Gelar Tradisi Leluhur untuk Mengenang Kedatangan Raja Pertama Opu Daeng Menambon

- 4 Oktober 2021, 01:28 WIB
Robo Robo, Keraton Mempawah Gelar Tradisi Leluhur untuk Mengenang Kedatangan Raja Pertama Opu Daeng Menambon
Robo Robo, Keraton Mempawah Gelar Tradisi Leluhur untuk Mengenang Kedatangan Raja Pertama Opu Daeng Menambon /Tangkapan layar Instagram @wonderfulmempawah/

 

KALBAR TERKINI - Robo Robo, Keraton Mempawah Gelar Tradisi Leluhur untuk Mengenang Kedatangan Raja Pertama Opu Daeng Menambon.

Tradisi Ritual Robo Robo akan digelar Keraton Amantubillah Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat hari ini, Senin-Rabu 4 -6 Oktober 2021.

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Robo Robo merupakan adat dan tradisi yang telah dilakukan masyarakat Bugis di Mempawah sejak dulu dan masih bertahan hingga saat ini.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Pesona Pulau Temajo Mempawah yang Tak Lekang oleh Waktu

Tradisi ini bertujuan untuk memohon ampun dan pertolongan kepada Allah SWT agar seluruh masyarakat terhindar dari bala bencana yang diturunkan pada setiap bulan Safar.

Tradisi Robo Robo menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Mempawah bekerjasama dengan kerabat Keraton Amantubillah.

Kegiatan yang diselenggarakan sekali setiap tahun dalam kalender Islam, yaitu setiap hari Rabu terakhir bulan Safar ini, untuk mengenang kembali napak tilas kedatangan Raja Mempawah Pertama Opu Daeng Menambon beserta istri dan pengikutnya dari Sulawesi ke Kerajaan Matan Ketapang memasuki Sungai Kuala Mempawah.

Puncak kegiatan Robo Robo tahun ini diselenggarakan pada Rabu, 6 Oktober 2021 bertempat di Pelabuhan Muara Kuala Secapah Mempawah.

Baca Juga: Gawat, 111 Hektare Lahan Gambut di Mempawah Terbakar

Adapun rangkaian acara Robo Robo, sebuah tradisi masyarakat Melayu Mempawah yang dilansir oleh Panitia penyelenggara Pagelaran Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021, diantaranya :

Halaman:

Editor: Ponti Ana Banjaria

Sumber: indonesia.go.id Kebudayaan.kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah