Mengenal Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, Prajurit Pilihan dari Kodim Ketapang Atasi Karhutla

- 23 Februari 2021, 16:47 WIB
PADAMKAN - Sigap dan Cepat, dandim 1203/Ktp memimpin PRCPB Koramil 1203-12/Mhu, bersama stakeholder memadamkan api di lokasi Karhutla. /Kalbar Terkini/Mulyanto Elsa

KETAPANG, KALBAR TERKINI - Sigap dan Cepat. Beraksi tanpa banyak bicara, seumpama operasi senyap, tidak banyak berkata-kata, namun hasilnya memuaskan.

Itulah Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB), yang merupakan para prajurit pilihan Komando Distrik Militer (Kodim) 1203/Ketapang.

Saat ini, PRCPB Kodim 1203/Ktp, sedang siaga dan menjaga ancaman bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla). Bersama dengan stakeholder lainya, pasukan andalan ini terus beraksi melakukan pemadaman api di wilayah binaanya.

Baca Juga: Kalbar Dapat Predikat Terbaik Tangani Karhutla, Presiden Ancam Copot Penegak Hukum

Baca Juga: Waspada Karhutla, Ketua Komisi V DPR RI Imbau Masyarakat Buka Lahan Tanpa Membakar

Misanya saja, berawal dari laporan dari Babinsa Tempurukan, Koramil 1203-12/Matan Hilir Utara (Mhu), Kopka Andi Sugiarto, yang menyatakan telah terjadi Karhutla di Jalan Karimunting, RT 08 Dusun Karya Abadi, Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan.

PRCPB Koramil 1203-12/Mhu, melakukan koordinasi singkat dengan instansi terkait yang kemudian dengan cepat kebergerak kesasaran.

Dalam aksi tersebut telihat sinergitas yang tangguh antara TNI- Polri, Manggala Agni Daops Ketapang, BPBD Ketapang, Perangkat Desa Tempurukan dan IAR (International Animal Rescue) Kabupaten Ketapang, Damkar PT. MPK (Mohairson Pawan Khatulistiwa) serta MPA (Masyarakat Peduli Api) melakukan pemadaman kebakaran lahan bergambut yang di tumbuhi Pakis dan semak belukar tersebut.

Danramil 1203-12/Mhu, Kapten Inf Suparno yang memimpin langsung pemadaman api tersebut mengatakan, api dapat dipadamkan sekitar setengah  jam, sehingga tidak merember kemana-mana.

Halaman:

Editor: Mulyanto Elsa


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X