Razia Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin di Bengkayang, Polda Kalbar Sita Alat Berat dan Amankan Pekerja

- 14 Februari 2021, 17:31 WIB
AMANKAN - Dua unit alat berat, berupa excavator, berhasil disita Polda Kalbar. Penyitaan ini dilakukan pada dua lokasi di Kabupaten Bengkayang.
AMANKAN - Dua unit alat berat, berupa excavator, berhasil disita Polda Kalbar. Penyitaan ini dilakukan pada dua lokasi di Kabupaten Bengkayang. /Aep Mulyanto/Kalbar Terkini

 

BENGKAYANG, KALBAR TERKINI - Dua unit alat berat, berupa excavator, berhasil disita Polda Kalbar. Penyitaan ini dilakukan pada dua lokasi di Kabupaten Bengkayang.

Selain menyita dua unit alat berat ini, terkait aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Turut diamakan lima pekerja.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimum) Polda Kalbar, Kombes Pol Juda Nusa Putra mengungkapkan, penertiban PETI ini berlangsung di Desa Bakti Mulai, Kecamatan Bengkayang.

Baca Juga: Operasi hingga ke Tengah Hutan, Puluhan Batang Kayu Tak Bertuan Diamankan Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas

“Ada terdapat 2 titik yang melakukan PETI. Untuk itu, dalam rangka operasi penertiban PETI, Polda Kalbar menegakkan hukum terhadap dua aktivitas tersebut,” kata Kombes Pol Juda.

Ia melanjutkan, dari dua titik lokasi tersebut, petugas menemukan alat berat exavator dan lima pekerja. Dari hasil penindakan tersebut, lima pekerja diminta keterangan, untuk penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya

Satgas Ops PETI, lanjutnya, masih terus bekerja, mencari lokasi lokasi PETI di wilayah Kalbar, yang terbukti merusak ekosistem alam ini.

Baca Juga: Ada 10 Titik Pembabatan Hutan di Kapuas Hulu, KPH : Oknum Aparat Ikut Terlibat

Selain exavator, barang bukti lainya yang turut disita Polda Kalbar dalah dua potongan drum, dua selang sporal, dua kian dan dua pendulang. ***

Editor: Ponti Ana Banjaria


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x