Rusia Siapkan Skenario Nuklir, Drobinin: Akibat 'Kebijakan' AS!

- 5 Agustus 2022, 16:32 WIB
Ilustrasi rudal nuklir Rusia
Ilustrasi rudal nuklir Rusia /The Daily Beast

KALBAR TERKINI - Diplomat senior Rusia Alexey Drobinin menegaskan kebijakan AS telah memaksa Rusia dan kekuatan dunia lainnya untuk menghidupkan kembali rencana perang nuklir mereka.

Demikian pernyataan Drobinin yang juga Kepala Departemen Perencanaan Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Rusia, dalam sebuah artikel di Majalah Mezhdunarodnaya Zhizn (International Life), Rabu, 3 Agustus 2022.

“Dibangun oleh generasi negosiator, kerangka kerja untuk kontrol senjata dan pelestarian stabilitas strategis sekarang sedang dibongkar atas dorongan AS," tulisnya.

Baca Juga: Rusia Buka Kembali Beryozka, Toko Bebas Bea Legendaris dari Era Soviet

Menurut Drobinin, AS telah menurunkan ambang batas serangan pertama dalam doktrin militernya.

Faktor-faktor ini dan lainnya lagi-lagi membawa skenario konflik paling berbahaya antara kekuatan nuklir, yang penuh dengan konsekuensi bencana, kembali ke pandangan para perencana militer.

Namun demikian, tambah Drobinin, munculnya tatanan dunia multipolar di mana Rusia terlibat secara aktif, akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman.

"Kecuali jika Barat memilih untuk ikut campur. Semua orang akan mendapat manfaat dari multipolaritas dan deglobalisasi, asalkan tidak ada yang mengganggu jalannya fenomena objektif ini,” lanjut Drobinin.

Baca Juga: SpaceX Bawa Astronot AS dan Rusia ke ISS: Perang di Bumi, Damai di Luar Angkasa

“Apa yang sangat penting di sini adalah bagaimana pendirian politik Amerika Utara dan Eropa Barat memilih untuk berperilaku," lanjutnya.

"...kecuali," katanya lagi: "Mereka mampu menekan rasa sakit yang mereka rasakan karena kehilangan kekuasaan mereka atas dunia, betapapun dapat dimengerti rasa sakit itu."

Halaman:

Editor: Arthurio Oktavianus Arthadiputra

Sumber: Russia Today


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x