Forum G20 Indonesia Menggangkat Isu Tentang Adaptasi UMKM di Era Digital

- 6 Agustus 2022, 08:34 WIB
Ajak Generasi Muda Turut Kembangkan Ekonomi Digital.
Ajak Generasi Muda Turut Kembangkan Ekonomi Digital. /Kemenparekraf./


KALBAR TERKINI – Forum G20 Indonesia Angkat Isu Tentang Adaptasi UMKM di Era Digital

KemenKopUKM atau Kementerian Koperasi dan UKM memberikan respon positif terkait penyelenggaraan The Third Quarterly Group Discussion.

Adapun The Third Quarterly Group Discussion (Digital Economy to Support SDGs) sebagai salah satu side event G20 di Bali pada 8 Agustus 2022 mendatang.

Perlu diketahui bahwa Forum G20 adalah momentum penting bagi Indonesia untuk mendorong narasi besar terkait akselerasi adaptasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di era digital saat ini.

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah mengatakan, akselerasi adaptasi UMKM di era digital merupakan salah satu narasi besar pemerintah Indonesia dalam G20 terkait UMKM.

Baca Juga: Update Harga TBS Sawit Aceh Timur Naik Tipis Berlaku Untuk Periode Minggu I-II Agustus Cek Harga Sekarang

Adapun hal itu sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenai percepatan transformasi digital UMKM Indonesia.


Digitalisasi sangat diperlukan sebagai langkah percepatan pemulihan ekonomi nasional dimana telah terbukti 80 persen UMKM yang telah hadir ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di masa pandemi, berdasarkan studi World Bank.

Dalam jangka panjang, adaptasi ekonomi digital pada UKM dapat memberikan dampak yang positif mulai dari ekonomi, sosial, lingkungan bahkan kesempatan untuk mendapatkan investasi.

Halaman:

Editor: Yuni Herlina

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x